Kamis, 03 Mei 2012

terap


Syarat No. 1 Terap
Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan sebagai Penggalang Rakit, sekurang-kurangnya 10 kali latihan.
~> Syarat nomor 1 ini sama prinsipnya dengan syarat nomor 1 pada tingkat penggalang ramu dan penggalang rakit. Hanya yang menjadi tambahan adalah 10 kali latihan selama menjadi penggalang rakit.


Syarat No. 2 Terap
Tahu arti dan sejarah Sumpah Pemuda.
-> Sumpah Pemuda adalah ikrar yang dihasilkan para pemuda bangsa Indonesia, sewaktu masih di dalam masa pergerakan. Yaitu pada acara Kongres Pemuda II tahun 1928 di Jakarta. Arti Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia, yaitu pengakuan seluruh bangsa Indonesia, yang :
1. Bertanah air satu, tanah air Indonesia.
2. Berbangsa satu, bangsa Indonesia.
3. Berbahasa satu, bahasa Indonesia.
Pada waktu itu bangsa kita mulai menyadari pentingnya persatuan untuk mencapai kemerdekaann, setelah bertahun-tahun bangsa kita melakukan perjuangan sendiri-sendiri tanpa hasil.

Kongres Pemuda II ini dihadiri brnyak organisasi kepemudaan dan organisasi pergerakan nasional. Pada acara ini pula wartawan Wage Rudolf Supratman pertama kali mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya.


Syarat No. 3 Terap
Bersungguh-sungguh mengamalkan Pancasila.
-> Pembina dapat menguji syarat ini dengan bentuk melihat sikap dan perilaku anggota sehari-han atau dengan cara tertulis, tentang apa saja yang para anggota ketahui mengenai sikap-sikap yang sesuai dehgan bentuk-bentuk pengamalan Pancasila.

Mengetahui tentang Perserikatan Bangsa-bangsa.
-> Perserikatan Bangsa-Bangsa (disingkat PBB) disebut juga UNO (United Nations Organization) didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Fransico (AS).

Tujuannya untuk memajukan kerjasana intemasional dan mencegah terjadinya peperangan. Sekarang kurang lebih 157 negara menjadi anggota. Pusat PBB ada di Lake Success, New York, AS. Indonesia menjadi anggota PBB pada tahun 1950. yaitu sebagai anggota yang ke-60, tetapi pernah keluar pada tanggal 7 Januari 1965. Kemudian masuk kembali pada tanggal 29 September 1966.
Badan-badan Utama PBB :
1. Sidang Umum.
2. Dewan Keamanan yang terdiri dari 15 anggota (5 anggota tetap : AS, Rusia, China. Inggris dan Perancis. Dan 10 anggota tidak tetap). Kelima anggota tetap memiliki Hak Veto yaitu hak untuk melarang atau menolak suatu putusan (Resolusi).
3. Dewan Ekonomi dan Sosial.
4. Dewan Perwakilan.
5  Mahkamah InternasionaL berpusat di Den Haag, Negeri Belanda.
6. Seretariat Jendral.

Organisasi-organisasi di bawali PBB. antara lain :
1. Organisasi Pendidikaa llmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO).
2. Organisasi Perkembangan Anak-anak Internasional (UNICEF).
3. Organisasi Bahan Makanan dan Pertanian (FAO).
4. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
5. Organisasi Buruh lnternasional (ILO).
6. Organisasi Perserikatan Pos Sedunia (LJPU).
7. Organisasi Perdagangan lnternasional (ITO).
8. Organisasi Penerbangan Sipil lnternasional (ICAO).
9. Organisasi Pengungsi lnternasional (UNHCR).
10.Organisasi Meteoroiogi Sedunia (WMO).
11.Organisasi Dana Moneter Internasional (IMF).
12.dan sebagainya.

Negara-negara anggota PBB, terdiri dari .
1) Anggota asli, yaitu negara-negara yang ikut di dalam konferensi San Fransisco pada tahun 1945 dan menandatangani Piagam PBB.
2) Anggota baru, negara-negara yang tidak ikut dalam Piagam PBB (San Fransisco), tetapi ingin bergabuvig dengan PBB.


Syarat No. 5 Terap
Tahu tempat-tempat penting di Kecamatan tempat tinggalnya.
-> Setiap anggota pramuka wajib mengetahui tempat-tempat penting yang ada di kecamatannya. Misalkan letak Kantor Kecamatan, letak Kantor Pos, letak Puskesmas, letak Pasar, letak Stasiun Kereta Api, letak Terminal, letak Kas PLN, letak Kantor PDAM, dan sebagainya.


Syarat No. 6 Terap
Membuktikan perhatiannya terhadap industri yang ada di daerahnya, atau melatih diri dalam suatu kerajinan tangan yang berguna.

-> Seorang anggota pramuka hams terampil. Kerajinan tangan itu mudah jika para anggota pramuka berminat pada kerajinan secara sungguh-sungguh, bahannya banyak didapat dengan mudah, baik yang bahan baku baru atau bekas.

Industri di lingkungan kita semakin berkernbang. tetapi para anggota pramuka diharapkan dapat menguasai salah satu bentuk teknologi. Dalam bidang industri yang kecil-kecil dahulu seperti, pembuatan tahu atau tempe. pembuatan makanan kecil kerupuk. pembuatan sendal atau sepatu seperti di Cibaduyut, pembuatan batu bata, dan sebagainya.

Pembina dapat meminta laporan tertulis dan para anggota tentang jenis industri kecil yang diperhatikannya. Apa saja bahan yang dipergunakan, berapa besar modalnya, alat-alat apa yang menjadi perlengkapannya. berapa banyak tenaga kerja/pekerja yang dapat diserap, dart bagaimana cara pengolahan atau proses pembuatan/industrinya, dan sebagainya.


Syarat No. 7 Terap
Sekurang-kurangnya 2 kali pernah ikut serta gotong royong yang ditugaskan oleh Pembinanya di Sekolahnya. di kampungnya, di tempat ibadat. atan tempat lainnya. atau pemah membantu lerabaga seperti PM1, LSD. BIMAS. PKK, Karang Taruna. atau lain sebagainya.
-> Syarat nomor 7 ini tidak terlampau sukar. karena mudah-mudah saja. Para pembiiia harus kreatif memanfaatkan moment atau kesempatan yang ada. Jika di daerahnya sedang ada kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh badan-badan atau organisasi-organisasi seperti tercantum di atas, maka diusahakan para anggota pramukanya dapat furut berperan serta, misalkan ada penyuluhan-penyuluhan yang diselenggarakan oleh BKKBN. Atau, ada bencana alam di suatu daerah, para anggota digerakan untuk menghimpun dana bantuan, dan sebagainya.


Syarat No. 8 Terap
Dapat menaksir jarak, tinggi, luas, isi, berat, kecepatan, suhu, dan sebagainya.
-> Cukup jelas. Untuk materi menaksir (aproksimasi/mengira-ngira), pembina dapat melihat pada Link ini.
1. Menaksir Ketinggian dan Jarak >> Klik <<
2.
Menaksir Kecepatan dan Lebar Sungai >> Klik <<

Syarat No. 9 Terap
Dapat membuat peta pita.
-> Cukup Jelas. Untuk materi ini, dapat dilihat pada Link ini.


Syarat No. 10 Terap
Dapat menentukan arah rnata angin tanpa menggunakan kompas.
-> Jika tidak mempunyai kompas untuk mengetahui arah 'Utara', ada beberapa cara untuk menentukan arah mata angin tanpa kompas, seperti misalnya :
1. Melihat tanda-tanda pada alam. Seperti misalnya kita dapat memperhatikan sebuah pohon, pada bagian manakah pohon itu banyak ditumbuhi lumut, maka daerah itu adalah daerah yang kurang mendapat sinar matahari (sejuk) itu adalah arah Selatan (S).
2. Jika masih ada perkampungan, perhatikan Mushola atau Mesjidnya. Arah kiblat dari mesjid/mushola itu adalah mendekati arah Barat (B).
3. Melihat arah makam (kuburan muslim) yang biasanya membujur antara arah utara (U) dan Selatan (S).
4. Dengan bantuan sinar matahari. Jam enam pagi (waktu biasa) matahari biasanya di Timur (T). Jam sembilan pagi agak ke selatan (Tenggara), jam dua belas agak lebih ke Selatan (S), sekitar jam tiga sore di Barat Daya (BD) dan jam enam sore di arah Barat (B).
5. Kita juga dapat menggunakan jam tangan dengan bantuan sinar matahari.
6. Menentukan arah mata angin dengan bantuan bintang di langit (malam hari), seperti:      
   1) Arah Utara, gugusan bintang (rasi) Waluku atau sering disebut juga rasi bintang Bajak, rasi bintang Orion.
   2) Arah Selatan. gugusan bintang Palang Selatan.

Syarat No. 11 Terap
Dapat merencanakan dan mempersiapkan rapat kecil.
-> Setiap anggota pramuka harus dapat merencanakan dan mempersiapkan rapat kecil. Apa-apa sajakah yang harus direncanakan sebelum menyelenggarakan rapat. Yang utama adalah rujuan rapat itu sendiri. Sedangkan yang harus dipersiapkan untuk menyelenggaraan sebuah rapat/pertemuan, yaitu :
1. Menyusun kerangka pembicaraan/bahan rapat.
2. Menyiapkan ruangan dan perlengkapannya, seperti ruangan, meja kursi pengeras suara jika diperlukan, alat-alat tulis,
alat-alat peraga, penerangan, dan sebagainya.
3. Menyebarkan undangan bagi peserta rapat dan undangan.
4. dan sebagainya


Syarat No. 12 Terap
Dapat membuat alat rumah tangga yang sederhana
-> Jika pada tingkat penggalang rakit, seorang penggalang harus dapat memperbaiki alat-alat rumah tangga atau pakaian yang rusak, maka pada tingkat penggalang terap setiap anggota pramuka harus dapat mernbuat alat rumah tangga yang sederhana, seperti misalnya :
1) Gayung air (bisa dari batok kelapa atau kaleng bekas).
2) Reset.
3) Tiang Jemuran.
4) Rak sepatu.
5) dan sebagainya.


Syarat No. 13 Terap
Dapat memberi pertolong3ii pertama pada kecelakaan.

Syarat No. 14 Terap
Dapat menerapkan pengetahuan tentang kesehatan dan tentang kebersihan kamar mandi, cuci kakus di perkemahan, di rumah atau di tempat lain.
-> Pembuatan MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) di perkemahan adalah suatu hal yang cukup penting. Sebab jika kita tidak memperhatikan hal ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan lingkungan. Banyak cara membuat MCK sederhana, disesuaikan dengan keadaan alamnya. Jika ada sungai atau kolam akan lebih baik lagi karena saluran airnya sudah ada. Jika tidak kita tentunya harus mernbuat septic tank darurat yang besaniya tergantung kepada banyaknya peserta perkemahan atau lamanya waktu perkemahan.

Di  sekitar rumah,  pembuatan  tempat  MCK   harus diperhatikan sedemikian rupa. Minimal jarak antara tempat pembuangan akhir (septic tank) dengan letak sumber air bersih adalah sekitar 10 meter. Di kota-kota jarak rumah dengan rumah sangat berdekatan sehingga tentunya jarak antara septic tank dengan tempat air sangat dekat pula, hal ini kurang baik jika ditinjau dari segi kesehatan.


Syarat No. 15 Terap
Melakukan salah satu cabang olaliraga atletik atau salah satu cabang olahraga renang, dan melakukan salah satii cabang olahraga lain serta tahu peraturan permainannya.
-> Seperti pada syarat nomor 20 pada tingkat penggalang rakit, maka pada tingkat penggalang terap juga pembina dapat bekerja sama dengan para guru olahraga. Selain cabang olah raga atletik dan renang, untuk tingkat penggalang terap anggota pramuka harus dapat melakukan satu cabang olah raga lainnya dan tahu peraturannya, misalkan cabang olah raga bolabasket, sepakbola, bola volley, dan sebagainya.

Syarat No. 16 Terap
Memiliki buku Tabanas, buku Tabungan Pramuka, atau buku Tabungan Pelajar, dan sudah menabung uang secara teratur dalam buku tabungannya itu sekurang-kurangnya 8 minggu sejak menjadi Penggalang Rakit, dan sebagian daripada uang itu diperolehnya dari usahanya sendiri.
-> Cukupjelas.


Syarat No. 17 Terap
Setia membayar uang iuran kepada Gugus depannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usahanya sendiri.

Syarat No. 18 Terap
Pernah membantu dalam menjalankan administrasi keuangan Gugus depannya.
-> Pembina dapat menugaskan secara bergantian kepada para anggotanya dalam menjalankan suatu administrasi keuangan gugusdepannya, misalkan dalam mengumpulkan iuran dari anggota. Bisa juga pembina membuat suatu kegiatan, maka tunjuk salah seorang anggotanya untuk menjadi administrator keuangannya. Kegiatannya sendiri dapat berupa pembuatan perlengkapan untuk para anggota dan gugusdepan (kaos, jacket, tenda, dan sebagainya) atau perlombaan-perlombaan.


Syarat No. 19 Terap
a.  Untuk Penggalang Putera : Sudah pernah berjalan kaki selama 2 hari berturut-turut, dengan melaksanakari tugas-tugas yang diberikan oleh Pembinanya.
b. Untuk Penggalang Puteri : Pernah mengurus suatu rumah tangga selama 2 hari berturut-turut.
-> Untuk penggalang putera kegiatan dapat dilaksanakan insidental (sewaktu-waktu) atau jika suatu waktu ada kegiatan lomba gerak jalan jarak jauh (antar kotaatau keluar kota). 2 hari berturut-turut disini bukan berarti tanpa henti, tetapi pada malam harinya dapat dipergunakan untuk istrirahat.

Untuk penggalang puteri, pembina dapat bekerja sama dengan para orang tua anggota. Misalkan para anggota puteri diberi tugas melaksanakan tugas mengurus rumah tangganya masing-masing dengan memberikan istrirahat kepada para ibu para anggota puteri, baik dari mulai tugas memasak, mencuci, membersihkan perabot rumah. membersihkan halaman, dan sebagainya. Pembina tinggal mengecek apakah tugas-tugas yang telah diberikan telah dikerjakan oleh anggota puten tersebut, kepada para anggota keluarganya.


Syarat No. 20 Terap
Dapat menampilkan satu macam   kegiatan seni budaya di hadapan Pramuka-pramuka atau di hadapan penonton-penonton lain.
-> Sama dengan syarat nomor 9 pada tingkat penggalang rakit.


Syarat No. 21 Terap
Memiliki sedikitnya saru Tanda kecakapan Khusus.  
-> Tanda kecakapan khusus (TKK) adalah salah saru bentuk dari penerapan prinsip sistem tanda kecakapan. yang bennaksud untuk meningkatkan gairah dan semangat peserta didik untuk semakin giat berlatih. Cara penempuhannya disesuaikan dengan Petunjuk Penyelenggaraan (PP) yang mengatur tentang Tanda Kecakapan Khusus. Sedangkan untuk TKK sendiri sudah dibahas secara sederhana pada Link ini.

1. Tahu hari-hari raya Islam.
2. Dapat bertindak sebagai lman dalam Sholat berjamaah di perkemahan.


-> Hari-hari Raya Islam, adalah :
1. Tahun baru Islam (tahun baru Muharam) sedap 1 Muharam,
2. Nuzulul Quran (turunnya Al-Qur"an) pada 17 Ramadhan.
3. Isra Miradz pada tanggal 27 Rajab.
4. Idul Fitri setiap tanggal 1 Syawal.
5. Idul Adha (lebaran haji) setiap tanggal 10 Zulhijah.
6. Maulud Nabi (lahirnya Rasulullah) setiap 1.2 Rabiul Awal.
Untuk syarat nomor 2) pembina dapat menugaskan secara bergantian sewaktu menyelenggarakan perkemahan. Tidak hanya untuk yang bertindak sebagai Imam, tetapi juga bagi yang melakukan seruan Adzan, Iqamah dan sebagainya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9gBh233eSKw4fDFh6VYMB5cmOLWgrrj_5jiXA-o5EjiRj5aIgN5g8KDEjZGC-Le9xtW0LUhqmzqN_rpMQpHumtH5EWgoNfToShSZ8rAoHNBqaWG8kLsVoOJEqFrTZTJbH6Gwj7ETsLmA/s320/finish.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar